Pengalaman Membeli Gearbox Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Apakah Anda berencana membeli gearbox mesin cuci Sharp 1 tabung? Yuk, mari simak terlebih dahulu pengalaman mimin sewaktu membeli gearbox ini.

Gimana kabarnya? Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengalaman saat membeli gearbox mesin cuci Sharp 1 tabung di toko online.

Jadi, ceritanya sekitar seminggu yang lalu, mimin diminta tolongin oleh tetangga untuk mengecek mesin cucinya yang sedang bermasalah.

Menurut si tetangga, masalahnya itu adalah sewaktu digunakan untuk mencuci, putarannya sangat lemah, bahkan cucian terlihat hanya bergerak sedikit.

Ditambah pula sering mengeluarkan suara berdenyit, sekedar informasi mesin cuci milik tetangga ini adalah mesin cuci Sharp jenis 1 tabung top loading.

Mimin pun melakukan pengecekan dan ternyata komponen yang rusak adalah gearbox, mimin kemudian menyampaikannya ke tetangga dan beliau ingin mimin memperbaiki mesin cuci ini.

Harus cari gearbox-nya dulu kalau begitu dan jalan satu-satunya dengan membelinya di toko online karena di daerah mimin belum ada toko yang menjual sparepart mesin cuci.

Nah, pengalaman membeli gearbox mesin cuci Sharp di toko online inilah yang akan mimin bagikan kepada pembaca, kali aja ada yang mencari komponen serupa.

Baiklah, langsung saja simak uraiannya...

Gearbox Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Untuk diketahui, gearbox mesin cuci Sharp tipe 1 tabung top loading milik tetangga yang mimin bongkar untuk pengecekan, tampilannya seperti foto di bawah ini:

Gear Box Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Tampak memang sudah banyak karat di sana-sini dan beberapa bagian ada keretakan, mimin curiga penyebab putaran mesin cuci melemah akibat bearing di dalam gearbox sudah kalah.

Kalau dilihat dari kerusakaannya, gearbox ini masih bisa diperbaiki, cukup dengan mengganti komponen bearing saja, maka gearbox sudah bisa dipakai kembali.

Namun, tetangga maunya langsung diganti saja, apa boleh buat, mimin tidak melakukan pembongkaran lebih lanjut.

Sebenarnya, mimin agak malas untuk belanja komponen di toko online karena tidak bisa mengecek langsung terkait bagus atau tidaknya komponen tersebut.

Karena, seringkali terjadi komponen yang dibeli di toko online, kualitasnya jauh dari yang diharapkan, baru dipakai sebentar sudah rusak lagi.

Kita harus benar-benar jeli memilih penjual yang tepat agar tidak kecewa.

Tetapi karena ini adalah jalan satu-satunya, maka mau tidak mau harus mimin lakukan juga demi memperbaiki mesin cuci milik tetangga.

Untungnya saja mimin mengetahui tips saat belanja produk di toko online, khususnya produk mekanik seperti gearbox ini.

Tips Membeli Gearbox Mesin Cuci Sharp 1 Tabung di Toko Online

Kendala yang sering ditemui pada saat membeli gearbox mesin cuci Sharp 1 tabung di toko online adalah sulitnya menemukan gearbox yang benar-benar berfungsi sempurna dan tahan lama.

Sebab, ada banyak kejadian gearbox yang baru saja dibeli, satu atau beberapa bagiannya tidak berfungsi dan ada juga sudah rusak lagi padahal belum lama dipakai, mimin sering baca pengakuannya di facebook.

Ditambah lagi fakta bahwa ada banyak penjual online yang taunya hanya menjual saja dan tidak paham dengan produknya jualannya.

Tidak bisa menjawab hal-hal teknis yang ditanyakan oleh pembeli, kalau pun dijawab seringkali tidak nyambung, mereka hanya sekedar ingin terlihat merespon saja.

Mimin banyak menemukan penjual seperti ini sewaktu mencari gearbox mesin cuci kemarin di toko online, mimin sih langsung skip dan mencari penjual lain.

Harus diakui membeli sebuah produk di toko online itu tidak mudah, olehnya itu kita tidak boleh tergesa-gesa dalam membeli.

Tips yang sering mimin praktekkan ketika membeli produk di toko online, khususnya produk permesinan adalah:

1. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Dengan produk yang sama, bisa muncul ratusan variasi harga yang ditawarkan oleh beragam penjual, mulai dari yang termurah sampai termahal.

Pilihan bawah sadar kita pasti akan cenderung memilih yang termurah, wajar karena akan sangat menguntungkan jika bisa mendapatkan barang dengan harga murah.

Namun, mimin tekankan jangan sekali-kali tergiur dengan harga murah apalagi pada produk yang termasuk kategori produk mesin seperti gearbox mesin cuci Sharp ini.

Alasannya adalah produk mesin merupakan produk yang sangat mudah divariasikan komponen-komponennya, banyak produsen yang sengaja menggunakan komponen kelas rendah agar bisa menekan harga jual.

Tetapi akibatnya produk yang dihasilkan tidak tahan lama atau banyak masalahnya ketika digunakan oleh konsumen.

Mimin sih tidak bermaksud bahwa harus pilih yang paling mahal, olehnya itu perhatikan juga tips yang kedua.

2. Pilih Penjual yang Paham dengan Jualannya

Mimin selalu menggunakan kriteria ini sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli produk mesin di toko online.

Penjual yang ketika ditanya oleh pembelinya bisa menjawab dengan baik sampai ke hal-hal teknis, menandakan bahwa penjual itu paham dengan jualannya.

Hal ini penting agar pembeli bisa melakukan konsultasi lebih lanjut terkait proses pemasangan atau pemakaian produk, termasuk jika dikemudian hari terdapat masalah.

Penjual yang paham dengan jualannya memang biasanya lebih care terhadap pembeli, bahkan terkadang mereka bersedia untuk memandu pembeli pada saat proses pemasangan.

Penjual jenis ini juga biasanya menjual produknya dengan harga yang pantas, tidak kemahalan atau kemurahan, memang sudah sesuai dengan harga sebenarnya.

3. Pilih Penjual yang Banyak Ulasan Positifnya

Di toko online, indikator yang bisa kita jadikan acuan bahwa si penjual bagus atau tidak adalah memeriksa ulasan, komentar, atau testimoni positif dari para pembeli.

Cara ini cukup sering mimin lakukan dan sampai sekarang tidak pernah ada masalah ketika membeli produk di toko online.

Sebab, banyak juga penjual yang terlihat ramai tokonya dengan ulasan atau komentar, tetapi kebanyakan di antaranya merupakan penilaian negatif.

Biasanya, penjual seperti inilah yang sering menjual gearbox bermasalah.

Pengalaman Membeli Gearbox Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Dengan berbekal 3 tips di atas, mimin pun melakukan pencarian gearbox mesin cuci Sharp 1 tabung di toko online.

Kebetulan, mimin cari di Shopee kemarin, dan memeriksa satu per satu produk beserta profil penjualnya.

Agak lama sih prosesnya, hal ini demi terhindar dari produk gearbox bermasalah seperti yang banyak dikeluhkan oleh pembeli di facebook.

Sampai kemudian mimin tertarik dengan salah seorang penjual yang juga menyediakan produk gearbox mesin cuci Sharp 1 tabung di tokonya.

Suatu hal yang membuat mimin tertarik adalah si penjual ini melengkapi produknya dengan banyak foto yang secara detail menampilkan bagian-bagian gearbox.

Dari sini saja, mimin sudah yakin bahwa ini penjual bagus, tetapi mimin tidak langsung beli karena ingin memeriksa lebih lanjut ulasan atau komentar dari pembeli.

Ternyata, hampir semuanya positif, bahkan banyak dari pembeli yang memvideokan gearbox-nya bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Adapun komentar yang bernada negatif hanya terkait dengan masalah pengiriman yang agak telat saja, okey mimin bisa terima asal bukan komentar negatif terkait gearboxnya.

Dari segi harga, gearbox ini tidak berada di harga paling murah karena masih banyak gearbox sejenis yang dijual lebih murah oleh penjual lain.

Tetapi, kembali ke tips tadi, mimin tidak pilih gearbox yang termurah itu karena kurang meyakinkan dari segi kualitas.

Mimin pun mencoba mengorek pengetahuan teknis si penjual, semuanya bisa dijawab dengan lancar, bahkan ia menyarankan untuk mencoba memperbaiki gearbox lama terlebih dahulu, kali aja masih bisa bagus.

Wah, mimin sih paling suka dengan penjual model ginian, penjual yang tidak ngotot agar jualannya laku.

Tanpa berlama-lama lagi, mimin langsung melakukan proses order gearbox, pembayaran, dan selanjutnya menerima notifikasi bahwa gearbox sudah diproses oleh penjual.

Kalau tidak salah ingat, gearboxnya datang 5 hari kemudian, gak terlalu lama sih menurut mimin apalagi lokasinya juga yang memang lumayan jauh.

Gearbox baru mesin cuci Sharp 1 Tabung

Mimin pun langsung memasangnya ke mesin cuci, kemudian mencoba melakukan proses pencucian.

Semuanya berfungsi normal, gerakan cucian di dalam tabung terlihat sangat tegas seperti mesin cuci baru dan suara berdenyit tidak terdengar lagi.

Mimin sih sejak awal sudah tidak ragu dengan gearbox-nya apalagi dapat jaminan dari si penjual kalau ternyata dikemudian hari terdapat masalah.

Nah, demikianlah pengalaman mimin ketika mencari dan membeli gearbox mesin cuci Sharp 1 tabung di toko online.

Eh iya, bagi Anda yang juga tertarik membeli gearbox di toko ini, Anda bisa menemukannya di sini: Toko Gearbox Mesin Cuci Sharp 1 Tabung.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Membeli Gearbox Mesin Cuci Sharp 1 Tabung"