Mengatasi Tombol Power Mesin Cuci Sharp Tidak Berfungsi

Apakah tombol power mesin cuci Sharp Anda bermasalah? Tidak berfungsi ketika ditekan? Gak usah panik, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengalaman dalam mengatasi tombol power mesin cuci Sharp yang tidak berfungsi.

Jadi, ceritanya beberapa waktu lalu mimin mendapat servisan sebuah mesin cuci Sharp yang menurut pemiliknya tidak bisa dinyalakan karena tombol powernya tidak berfungsi.

Padahal, kata si pemilik, sehari sebelumnya mesin cuci ini baik-baik saja, masih sempat dipakai mencuci, namun esoknya tiba-tiba bermasalah ketika akan dipakai lagi.

Mimin pun melakukan pengecekan terhadap unit mesin cuci tersebut, sekedar informasi mesin cuci Sharp ini jenis 1 tabung bukaan ke atas (top loading) tipe ES-F950P-GY.

Mimin mulai pada sumber listrik dan kabel colokan karena berdasarkan pengalaman servisan mesin cuci sebelumnya, tombol power tidak berfungsi justru karena listrik tidak masuk.

Ternyata, sumber listrik dan kabel colokan tidak ada masalah, mimin kemudian membongkar penutup belakang mesin cuci untuk menelusuri semua jalur yang dilewati daya.

Semuanya tidak ada masalah, akhirnya kecurigaan mimin langsung tertuju pada modul mesin cuci, sebab sisa itu yang belum mimin periksa.

Tombol Power Mesin Cuci Sharp Tidak Berfungsi

Tombol Power Mesin Cuci Sharp Tidak Berfungsi

Untuk diketahui, tombol power mesin cuci Sharp yang tidak berfungsi memang seringkali disebabkan oleh kerusakan pada modul pengaturan kontrol.

Seiring lamanya pemakaian, komponen-komponen yang ada pada PCB modul bisa aus atau rusak sehingga mengakibatkan satu atau beberapa tombolnya tidak berfungsi.

Pada kasus servisan mimin di atas, kebetulan tombol yang kena adalah tombol power.

Ketika mimin bongkar modul dari unit mesin cuci tersebut, mimin menemukan beberapa komponen pada papan PCB modul banyak yang rusak, transistor pecah dan kapasitornya mengembung.

Kerusakan komponen sebanyak ini biasanya disebabkan oleh korsleting pada salah satu komponen, kemudian merembes ke komponen lainnya.

Modul dengan kondisi seperti ini sudah tidak layak lagi diperbaiki, satu-satunya cara agar mesin cuci bisa beroperasi kembali adalah dengan mengganti modul.

Hal inilah yang mimin lakukan pada mesin cuci tersebut.

Mencari Modul Mesin Cuci Sharp ES-F950P-GY di Toko Online

Sebenarnya, tidak sulit untuk mencari modul mesin cuci Sharp ES-F950P-GY karena sepengetahuan mimin semua online shop menjual produk ini.

Hanya saja, kita harus hati-hati dan tidak asal beli, sebab penting diketahui bahwa unit modul sebuah mesin cuci yang dijual di toko online bisa dibilang semuanya adalah produk kw atau tiruan dari modul aslinya.

Modul asli hanya bisa didapatkan di service center resmi Sharp dan harganya juga lumayan mahal, kecuali mesin cuci masih dalam masa garansi, maka bisa diganti secara gratis.

Jadi, kalau ada penjual di toko online yang mengaku bahwa modul jualannya itu adalah modul asli, maka mimin pastikan bahwa hal itu adalah bohong belaka.

Tetapi, meskipun tiruan atau kw, bukan berarti bahwa semua modul yang dijual di toko online itu tidak bagus, sebab ada juga kok yang memiliki kualitas setara dengan modul aslinya.

Cuma memang kita harus jeli memilih penjual yang tepat dan jangan cepat tergiur dengan harga murah.

Ketika mimin melakukan pencarian di toko online Shopee, harga dari modul mesin cuci Sharp tipe ES-F950P-GY ini sangat bervariasi.

Bagi Anda yang awam dengan produk seperti ini, pasti akan dibuat bingung oleh banyaknya variasi tersebut.

Mimin sih punya tips khusus menghadapi banyaknya variasi harga dan inilah yang mimin praktekkan ketika mencari modul mesin cuci Sharp di Shopee.

Adapun tips yang mimin maksud adalah:

1. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Ketika kita mengetikkan kata "modul mesin cuci Sharp" di toko online, bisa muncul ratusan variasi harga yang ditawarkan oleh beragam penjual, mulai dari yang termurah sampai termahal.

Pilihan bawah sadar kita pasti akan cenderung memilih yang termurah, wajar karena akan sangat menguntungkan jika bisa mendapatkan barang dengan harga murah.

Namun, mimin tekankan jangan sekali-kali tergiur dengan harga murah apalagi pada produk yang termasuk kategori produk elektronik seperti modul mesin cuci Sharp ini.

Alasannya adalah produk elektronik merupakan produk yang sangat mudah divariasikan komponen-komponennya, banyak produsen yang sengaja menggunakan komponen kelas rendah agar bisa menekan harga jual.

Tetapi akibatnya produk yang dihasilkan tidak tahan lama atau banyak masalahnya ketika digunakan oleh konsumen, mimin banyak membaca pengakuan seperti ini di facebook.

Mimin sih tidak bermaksud bahwa harus pilih yang paling mahal, olehnya itu perhatikan juga tips yang kedua.

2. Pilih Penjual yang Paham dengan Jualannya

Mimin selalu menggunakan kriteria ini sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli produk elektronik di toko online.

Penjual yang ketika ditanya oleh pembelinya bisa menjawab dengan baik sampai ke hal-hal teknis, menandakan bahwa penjual itu paham dengan jualannya.

Hal ini penting agar pembeli bisa melakukan konsultasi lebih lanjut terkait proses pemasangan atau pemakaian produk, termasuk jika dikemudian hari terdapat masalah.

Penjual yang paham dengan jualannya memang biasanya lebih care terhadap pembeli, bahkan terkadang mereka bersedia untuk memandu pembeli pada saat proses pemasangan.

Penjual jenis ini juga biasanya menjual produknya dengan harga yang pantas, tidak kemahalan atau kemurahan, memang sudah sesuai dengan harga sebenarnya.

3. Pilih Penjual yang Banyak Ulasan Positifnya

Di toko online, indikator yang bisa kita jadikan acuan bahwa si penjual bagus atau tidak adalah memeriksa ulasan, komentar, atau testimoni positif dari para pembeli.

Cara ini cukup sering mimin lakukan dan sampai sekarang tidak pernah ada masalah ketika membeli produk di toko online.

Sebab, banyak juga penjual yang terlihat ramai tokonya dengan ulasan atau komentar, tetapi kebanyakan di antaranya merupakan penilaian negatif.

Biasanya, penjual seperti inilah yang sering menjual modul bermasalah.

Ketiga tips di atas mimin rasa cukup ampuh, hal ini terbukti dari modul mesin cuci Sharp yang mimin beli kemarin di Shopee.

Sewaktu modulnya datang, mimin pun langsung memasangnya ke unit mesin cuci, semua tombol berfungsi sempurna, termasuk tombol power sehingga mesin cuci bisa menyala kembali.

Pemiliknya pun senang bisa menghemat uang karena sebelumnya ia sudah berencana untuk membeli mesin cuci baru.

Demikianlah pengalaman mimin dalam mengatasi tombol power mesin cuci Sharp yang tidak berfungsi.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Tombol Power Mesin Cuci Sharp Tidak Berfungsi"